Mahluk Apaan Sih Hamster Itu ?

Hamster adalah hewan mamalia yang termasuk keluarga hewan pengerat yang mempunyai bermacam spesies dan hampir ada di tiap negara. Hamster seringkali digunakan sebagai hewan percobaan di laboratorium (karena reproduksi mereka yang cepat) bersama tikus dan hewan pengerat lainnya. Ciri-ciri dari hamster adalah memiliki badan yang gemuk, berekor pendek, bagian bawah hamster berwarna putih sampai abu-abu dan hitam, berbulu tebal dengan warna bulu yang beragam tergantung dari spesies hamster tersebut, ada bulu hamster yang berwarna polos (1 warna) seperti hitam, abu-abu, putih, coklat, kuning(gold), moka, dan ada juga yang berwarna belang (2 warna) seperti putih hitam, putih abu, dan putih coklat.
Read More...

10 November 2009

Reproduksi dan Umur Hamster

Reproduksi
Jenis Kelamin hamster dapat dibedakan dengan cara melihat bentuk bagian belakang dan jarak antara lubang anus dengan kelamin atau kemaluannya. Hamster jantan memiliki testikel (buah zakar) yang besar sesuai dengan ukuran tubuh mereka sehingga pada bagian belakang terlihat jelas berbentuk memanjang patatnya, selain itu jarak antara lubang anus dan lubang penis lebih jauh, sedangkan pada hamster betina memiliki pantat lebih bulat dibandingkan dengan yang jantan serta jarak jarak antara lubang anus dan lubang vagina lebih dekat.
Untuk lebih jelasnya dalam melihat perbedaan jenis kelamin dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Sumber gambar dari http://exoticpets.about.com/


Hamster yang masih muda biasanya lebih sulit untuk melakukan seks. Masa kawin hamster dilakukan pada usia yang berbeda tergantung dari spesiesnya, tetapi hal ini bisa dilakukan pada usia 1 bulan sampai 3 bulan. Hamster emas maupun hamster Rusia dapat memulai reproduksi ketika berumur 4-5 minggu. Hamster Tiongkok dapat melakukan reproduksi ketika berumur 2-3 bulan, dan hamster Roborvski pada umur 3-4 bulan. Hamster jantan dapat melakukan pembuahan selama hidupnya, sedangkan yang betina dapat melakukan pembuahan kira-kira setiap tiga hari.

Musim pengembangbiakan terjadi pada bulan April sampai Oktober, dengan masa kandungan selama 13 sampai 22 hari dan dapat melahirkan anak sebanyak 1 sampai 13 ekor. Masa kandunga/hamil untuk hamster Syrian adalah 16 sampai 18 hari, 18 sampai 21 hari untuk hamster campbell, dan 23 sampai 30 hari untuk hamster Roborovski.
Ketika hamster betina hamil maka induk hamster akan membangun sarang dan mengumpulkan anak-anaknya disana. Pada saat hamster betina melahirkan maka biasanya hamster jantan dipisahkan dengannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Anak hamster yang baru dilahirkan tersebut tidak berambut, matanya tertutup dan ukuran tubunya sangat kecil. Anak hamster yang baru lahir tidak boleh dipegang supaya tidak dimakan oleh induk.
Anak-anak hamster mulai mengelilingi sarang dan makan setelah berumur 1 minggu dan setelah berumur 3 minggu anak hamster bisa meninggalkan sarang mereka, kecuali untuk anak hamster Roborovski baru bisa keluar dari sarang pada umur 4 minggu. Setelah berumur 1 bulan maka anak hamster dipisahkan dengan induknya, dan kebanyakan orang akan menjual hamster ke toko-toko ketika usia hamster 1 sampai 8 bulan.

Umur Hamster
Hamster emas biasanya hidup tidak lebih dari 3 tahun jika dipelihara, dan hidup lebih pendek dari 3 tahun jika hidup di alam bebas. Hamster Rusia hidup kurang lebih 1.5 - 2 tahun jika dipelihara, dan hamster Ti ongkok 2.5 - 3 tahun. Hamster Roborovski yang lebih kecil hidup 3 - 3.5 tahun jika dipelihara.


======================================================
Informasi Terkait :

Ciri dan Jenis Hamster
Makanan Hamster dan Kelakuan Hamster
Kandang, Olah Raga dan Hiburan untuk Hamster
Penyakit Hamster

6 komentar:

  1. Aku barusan beli hamster tapi aku ga' tw hamster ku itu umur brp...caranya biar bisa ngecek umur hamsterku gimana? bisa pa ga'? tolong ya...

    BalasHapus
  2. aku baru aja beli hamster roborovski ,supaya bisa lebih kenal juga deket gmna sihh caranyaa .. terus makanan seharinya yng bagus itu apa ?
    Makasii :)

    BalasHapus
  3. biar lebih kenal deket sama robo nya, setiap kali makan km kasih makanannya d atas tanganmu. supaya robo nya ngambil makanannya dr tangan mu. lakukan setiah hari,pasti dlm waktu 2-3 hr robo nya udh kenal baik.

    BalasHapus
  4. campbell saya kok gak hamil" yha,, udah 3bln`n saya pelihara...
    #ada info??

    BalasHapus
  5. saya punya hamster syrian saya lihat dia sudah kawin 3 hari kemudian saya lihat perutnya belum kelihatan buncit tapi sudah suka menyimpan makanan dan membangun sarang apakah tandanya dia hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu beberapa hari
      siapa tau beberapa hari lagi hamil

      Hapus