Mahluk Apaan Sih Hamster Itu ?

Hamster adalah hewan mamalia yang termasuk keluarga hewan pengerat yang mempunyai bermacam spesies dan hampir ada di tiap negara. Hamster seringkali digunakan sebagai hewan percobaan di laboratorium (karena reproduksi mereka yang cepat) bersama tikus dan hewan pengerat lainnya. Ciri-ciri dari hamster adalah memiliki badan yang gemuk, berekor pendek, bagian bawah hamster berwarna putih sampai abu-abu dan hitam, berbulu tebal dengan warna bulu yang beragam tergantung dari spesies hamster tersebut, ada bulu hamster yang berwarna polos (1 warna) seperti hitam, abu-abu, putih, coklat, kuning(gold), moka, dan ada juga yang berwarna belang (2 warna) seperti putih hitam, putih abu, dan putih coklat.
Read More...

10 November 2009

Ciri dan Jenis Hamster

Hamster adalah hewan mamalia yang termasuk keluarga hewan pengerat yang mempunyai bermacam spesies dan hampir ada di tiap negara. Hamster seringkali digunakan sebagai hewan percobaan di laboratorium (karena reproduksi mereka yang cepat) bersama tikus dan hewan pengerat lainnya.

Ciri-ciri dari hamster adalah memiliki badan yang gemuk, berekor pendek, bagian bawah hamster berwarna putih sampai abu-abu dan hitam, berbulu tebal dengan warna bulu yang beragam tergantung dari spesies hamster tersebut, ada bulu hamster yang berwarna polos (1 warna) seperti hitam, abu-abu, putih, coklat, kuning(gold), moka, dan ada juga yang berwarna belang (2 warna) seperti putih hitam, putih abu, dan putih coklat.

Kebanyakan spesies hamster memiliki kantung pipi yang berguna untuk membawa makanan ke liang/sarang mereka untuk disimpan atau ditimbun. Kata 'hamster' berasal dari kata Jerman 'hamstern' yang berarti 'menimbun'.

Ukuran hamster ada yang kecil dan besar tergantung dari jenis/spesiesnya. Untuk hamster kecil atau sering disebut hamster kerdil (dwarf) mempunyai ukuran panjang badan 5 cm sampai 10 cm, sedangkan hamster besar berukuran 10 cm sampai dengan 18 cm.

Hamster berasal dari daerah utara yaitu Eropa tengah sampai Siberia, Mongolia, serta Tiongkok utara sampai Korea, dan juga berasal dari daerah selatan yaitu dari Suriah sampai Pakistan.
Mereka biasa berkembangbiak di perbatasan padang pasir, bukit pasir dan di kaki gunung, dataran rendah yang bersemak-semak dan berbatu, di lembah bersungai, padang rumput yang luas, dan ada beberapa juga yang tinggal di ladang tanam.

Hamster mempunyai beberapa spesies, diantaranya adalah hamster Eropa, Gansu, Kaukasus, Kazakhstan, Campbell, Kam, Armenia, Siberia (Rusia), Korea, Ladak (Tibet), Mongolia, Roborovski, Rumania, Sokolov, Suriah (hamster emas), Tiongkok, dan Turki.

Spesies hamster yang umum dipelihara dan diternak di Indonesia adalah jenis hamster Roborovski, Siberia (Winter White), Campbell, dan Suriah (Syrian). Hamster Roborovski, Winter White dan Campbell termasuk jenis hamster dwarf sedangkan hamster syrian termasuk jenis hamster besar. Masing-masing jenis hamster tersebut mempunyai warna dan corak yang berbeda, terutama pada jenis campbell dan syrian banyak sekali jenis warna dan coraknya. Untuk melihat macam-macam warna dan corak dari masing-masing jenis hamster dapat dilihat pada link gambar disini.

Referensi :
www.id.wikipedia.org
www.hamsterific.com
www.hewanpeliharaan.com
www.langitlangit.com
www.petwebsite.com
www.exoticpets.about.com
www.animals.howstuffworks.com
www.hsus.org
www.mypetzone.com

======================================================
Informasi Terkait :

Makanan Hamster dan Kelakuan Hamster
Reproduksi dan Umur Hamster
Kandang, Olah Raga dan Hiburan untuk Hamster
Penyakit Hamster



Tidak ada komentar:

Posting Komentar