Mahluk Apaan Sih Hamster Itu ?

Hamster adalah hewan mamalia yang termasuk keluarga hewan pengerat yang mempunyai bermacam spesies dan hampir ada di tiap negara. Hamster seringkali digunakan sebagai hewan percobaan di laboratorium (karena reproduksi mereka yang cepat) bersama tikus dan hewan pengerat lainnya. Ciri-ciri dari hamster adalah memiliki badan yang gemuk, berekor pendek, bagian bawah hamster berwarna putih sampai abu-abu dan hitam, berbulu tebal dengan warna bulu yang beragam tergantung dari spesies hamster tersebut, ada bulu hamster yang berwarna polos (1 warna) seperti hitam, abu-abu, putih, coklat, kuning(gold), moka, dan ada juga yang berwarna belang (2 warna) seperti putih hitam, putih abu, dan putih coklat.
Read More...

10 November 2009

Makanan dan Kelakuan Hamster

Makanan Hamster
Hamster merupakan hewan omnivora. Mereka biasanya memakan biji-bijian atau kacang (seperti biji padi, biji bunga matahari, kacang ijo dan jangung), buah-buahan segar (seperti buah beri, pir, pisang dan apel), akar, beberapa tumbuhan hijau (rumput dan sayuran seperti wortel dan bungkol), dan beberapa serangga seperti belalang dan jangkrik, sehingga makanan hamster dibagi menjadi 3 kategori yaitu kering, segar, dan makanan binatang.
Hamster suka membawa makanan di pipinya dimana pada pipinya tersebut terdapat kantung untuk dimasukan kedalam lubang makanan mereka.
Banyak juga makanan yang tidak cocok untuk hamster seperti daun beracun dari tomat menjadi makanan yang paling berbahaya untuk kesehatan hamster, timun yang bisa menyebabkan ekor mereka basah serta masalah pada hati, selada, kangkung dan sayuran yang menyengat baunya seperti bawang putih, daun bawang dan seledri.

Kelakuan Hamster
Hamster biasanya bersifat diam, pemalu dan penakut. Mereka terkadang aktif pada awal pagi hari atau akhir sore, tidur selama hari panas yaitu biasanya di siang hari dan bangun ketika hari sudah dingin yaitu di malam hari. Indera penglihatan mereka kurang bagus tetapi untuk indera penciuman dan pendengarnya sangat tajam. Mereka adalah penggali yang baik, membuat lubang dengan pintu masuk satu atau lebih dan dengan galeri yang terhubung dengan kamar mereka untuk sarang, gudang makanan dan aktivitas lainnya.


======================================================
Informasi Terkait :

Ciri dan Jenis Hamster
Reproduksi dan Umur Hamster
Kandang, Olah Raga dan Hiburan untuk Hamster
Penyakit Hamster

Tidak ada komentar:

Posting Komentar